Perkembangan teknologi informasi yang sangat kompleks dalam beberapa tahun terakhir telah membawa berbagai dampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya dunia bisnis. Istilah-istilah seperti e-business, e-university, e-government, e- economy, e-entertainment, e-banking, dan masih banyak lagi istilah sejenis telah beredar. Salah satu konsep yang dinilai merupakan paradigma bisnis baru adalah e- business atau dikenal pula dengan istilah e-commerce sebagai bidang kajian yang relatif masih baru dan akan terus berkembang secara luas, e-business atau e-commerce ini sangat berdampak besar pada praktek bisnis, setidaknya dalam hal penyempurnaan marketing target perusahaan.
Definisi E-Commerce ( Electronic Commerce)
E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan get and deliver. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biayabiaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut “information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E-commerce merupakan extensiondari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. B. Peluang dan Tantangan E-Commerce Perkembangan internet berdampak pada perubahan cara organisasi merancang, memproses, memproduksi, memasarkan, dan menyampaikan produk. Lingkup persaingan yang semakin luas juga menuntut integrasi dan koordinasi anatara departemen sistem informasi, pemasaran, layanan pelanggan, dan departemen- departemen lainnya dalam organisasi. Beraneka raga peluang pemanfaatan internet yang bisa diekploitasi meliputi:
· Sumber baru untuk informasi pasar
· Individualized marketing
· Cara baru menjalin relasi online dengan pelanggan dan membangun citra merk;
· Peluang baru bagi distribusi produk dan komunikasi pemasaran; Proses penyampaian produk secara digital via internet diperkirakan akan semakin marak dalam berbagai sektor bisnis, terutama untuk program perangkat lunak, surat kabar, tiket pesawat, perbankan, asuransi, pendidikan, dan lain-lain C. Manfaat E-businees bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat Luas 1. Bagi Organisasi - Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok - Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas - Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
Karakteristik E Commerce
a. Transaksi tanpa batas Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line. Karena hal itulah E Commerce menjadi tanpa batas, Selanjutnya.
b. Transaksi anonim Apakah arti anonym, secara mudah adalah para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya. Sudah canggih pokoknya sekarang.
c. Produk Digital dan Non Digital Pertama produk digital, kenapa ? penjelasannya adalah produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Sedangkan produk non digital adalah dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.
d. Produk barang tak berwujud Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet. Namun setelah Anda deal bertransaksi tentunya barang akan berwujud dan berada ditangan Anda, selanjutnya apalagi kalau tidak buru buru dipakai.
Itulah sedikit penjelasan mengenai E-Commerce
Dan disini admin akan menganalisis seputar web AliExpress.com
Sebelum masuk ke analisis kita coba perkenalan dulu dengan AliExpress
AliExpress merupakan website bisnis online terbesar dan teraman di Indonesia, sehingga cukup banyak diminati oleh para pecinta bisnis online. Website ini merupakan website bisnis asli buatan Alibaba. Penemu bisnis ini adalah yang mempunyai pemikiran maju dan cerdas. Website ini tidak hanya merupakan website jual beli saja, tapi juga penyedia toko online yang mempunyai pelayanan yang maksimal kepada par konsumennya. Konsep dari website ini adalah memberikan pelayanan tanpa sekat pada para konsumennya.
Di atas merupakan tampilan Home dari AliExpress.com
Sekarang mari kita Analisis..
Analisis Site-Map:
Fungsi Setiap menu:
Sign In & Sign Up
Ini merupakan tampilan Profile kita pas kita Daftar Akun dan punya Akun AliExpress.
Highlight
Pilihan barang lebih banyak AliExpress diibaratkan sebagai sebuah mal, yang memungkinkan setiap pengguna membuka toko-online mereka dengan mudah bahkan gratis. Pilihan barang yang tersedia pun menjadi lebih variatif dengan adanya keberagaman ini.
Search Engine
Mudah mencari barang yang diinginkan AliExpress dilengkapi dengan mesin pencari yang akan memudahkan pencarian barang yang Anda inginkan. Gunakan juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai katalog belanja Anda.
Order Barang & Metode Pembayaran
AliExpress terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Asia yang mempermudah Anda untuk memeriksa status pengiriman barang Anda.
Lebih aman Berbagai sarana penunjang dan sistem terpadu yang dimiliki AliExpress mampu meminimalisir kekhawatiran Anda. Takut kartu kredit Anda disalahgunakan? Seluruh transaksi yang dilakukan di AliExpress menggunakan transfer antar-rekening bank. Khawatir akan terjadinya penipuan? Rekening yang digunakan adalah rekening.
Feedback
Komunitas jejaring sosial AliExpress adalah mal online berbasis komunitas. Manfaatkan fitur-fitur yang dikembangkan untuk komunitas, seperti Feedback untuk melihat produk apa yang sedang happening saat ini, dan Review untuk melihat kualitas produk dan reputasi dari para penjual.
Flash Deals
Banyak beragam event menarik Secara berkala, AliExpress mengadakan event-event menarik mulai dari menyediakan highlight barang-barang dengan potongan harga, hingga mengadakan event-event berhadiah
Bagaimana menjadi pembeli di AliExpress?
1. Mendaftar menjadi anggota AliExpress
2. Pilih barang-barang yang Anda inginkan, masukkan ke Shopping Cart
3. Setelah selesai berbelanja, lakukan proses Check Out
4. Lakukan pembayaran ke nomor rekening AliExpress
5. Jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran via situs AliExpress
6. AliExpress akan melakukan verifikasi konfrmasi pembayaran
7. Setelah pembayaran diterima, AliExpress notifikasi kepada penjual
8. Pantau status pengiriman barang via fitur Tracking Order
9. Setelah barang diterima, lakukan konfirmasi penerimaan barang
10. Transaksi selesai
11. Anda juga bisa menuliskan review untuk produk yang Anda beli
Kemudahan Penggunaan
Bagi pembeli:
1. Lebih aman karena pembayaran melalui rekening atau metode pembayaran lainnya.
2. Dapat dengan mudah membandingkan harga barang.
3. Memudahkan membeli dari penjual yang terpercaya dengan melihat
review dan diskusi produk.
4. Mudah mencari berbagai barang karena terdapat beragam
kategori.
Terdapat fitur complain apabila barang yang diterima tidak
sesuai.
Bagi penjual:
1. Mudah terindeks mesin pencari.
2. Aman
Saran Untuk Website
-
AliExpress ini masih menggunakan mata uang
dollar untuk membeli barang,jadi mata uang di AliExpress bisa
disesuaikan dengan negara masing-masing.
-
Pengiriman Standar masih memerlukan jangka waktu
yang lama untuk menerima Orderan karena AliExpress memiliki jangkauan
Asia bukan per-negara,jadi untuk pengiriman diupayakan lebih cepat.
-
UI bisa lebih berwarna dan lebih simple dalam
penggunaannya.
-
Memberikan kepuasan secara optimal kepada
konsumen, serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan
kepada konsumen sehingga tujuan dapat tercapai.
-
Cepat merespon jika ada keluhan.
-
Metode pembayaran kalo bisa lebih luas
jangkauannya di setiap negara, Jika tidak ada yang punya rekening ATM
bagaimana?Dengan adanya supermarket bisa lebih mudah dalam melakukan
pembayaran.
Comments
Post a Comment