Skip to main content

Membuat Anak Tangga menggunakan PHP - P24

Cara Membuat Anak Tangga menggunakan Array 2 Dimensi & Looping 





Kali ini saya akan menunjukan kepada kalian cara membuat Anak Tangga di PHP menggunakan Array 2 dimensi & Looping dengan menyesuaikan Input dan pilihan warna dari User.
Semoga bermanfaat~


<?php 
error_reporting(0);
 $jumlah = $_POST['anakTangga'];
 $warna = $_POST['warnaTangga'];


 for ($i=0; $i < $jumlah; $i++) { 
  for ($j=0; $j < $i; $j++) { 
   echo "<div class='kotak' style='background-color:$warna'></div>";
  }
  echo "<div class='kotak' style='background-color:$warna'></div><br>";
 }
 ?>


Dan ini hasilnya

Keterangan:
Bahwa dalam menggunakan Array 2 Dimensi & Looping akan terus menerus mengulang sesuai dengan Input User



<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Tangga Berwarna</title>
</head>
<style type="text/css">
 div.kotak{
  width: 20px;height:20px;
  display: inline-block;
  margin: 1px;
}
div.hasilnya{
 background-color: white;
  padding: 20px;
}

body{
 background-color: #F5F7F6;
 color: #2B425D;
 font-family: sans-serif;
 font-size: 22px;
}
h1{
  text-align: center;
  margin-right: 800px;
  color: #CC6666;
}
.masukan {
  color:#CC6666;
  font-family: Helvetica, Arial, sans-serif;
  font-weight:500;
  font-size: 18px;
  border-radius: 5px;
  line-height: 22px;
  background-color: transparent;
  border:2px solid #CC6666;
  transition: all 0.3s;
  padding: 13px;
  margin-bottom: 15px;
  width:100%;
  box-sizing: border-box;
  outline:0;
}
label{
  font-family: 'Doppio One';
  font-size: 30px;
}
table{
  border-collapse: collapse;
 margin: 5px;
  padding: 5px;
}
input{ 
 font-family: sans-serif;
 font-size: 20px;
 padding: 5px;
  margin: 10px;
}
input[type='radio']{
  margin: 20px;
}
input[type='radio']::before {
  content:"";
  bottom: 10px;
  left: -10px;
  position: relative;
  display:inline-block;
  width:25px;
  height:25px;
  background:#fff;
  margin-right:5px;
  border:1px solid #ddd;
  border-radius:50%; -moz-border-radius:50%;
}
input[type='radio']:checked::before {
  background: #f44336;
  border:3px solid #fbfafb;
  width:22px;
  height:22px;
}
input[type='button']{
  background-color: #F88216;
  color: #F5F7F6;
  border-radius: 5px;
  font-family: sans-serif;
}
[type="submit"] {
  font-family: 'Montserrat', Arial, Helvetica, sans-serif;
  width: 100%;
  background:#CC6666;
  border-radius:5px;
  border:0;
  cursor:pointer;
  color:white;
  font-size:24px;
  padding-top:10px;
  padding-bottom:10px;
  transition: all 0.3s;
  margin-top:-4px;
  font-weight:700;
}
[type="submit"]:hover { background:#CC4949; }
.table1 tr td{
 border: 1px solid;
 width: 100px;
 margin: 10px;
}
*:focus{
  outline: none;
}
</style>
<body>
 <h1>TANGGA BERWARNA</h1>
 <form method="post">
  <table cellpadding ="10">
   <tr>
    
    <td> 
     <input type="text" name="anakTangga" placeholder="Masukan Jumlah" class="masukan">
    </td>
   </tr>
   <tr>
    <td>Silahkan Pilih Warna</td>
    <td>: 
     <input type="radio" name="warnaTangga" value="lime"><label>HIJAU</label>
     <input type="radio" name="warnaTangga" value="darkviolet"><label>UNGU</label>
     <input type="radio" name="warnaTangga" value="orange"><label>ORANYE</label>
     <input type="radio" name="warnaTangga" value="navy"><label>BIRU</label>
     <input type="radio" name="warnaTangga" value="dimgray"><label>ABU</label>
    </td>
   </tr>
   <tr>
    <td colspan="2">
     <input type="submit" value="BUAT TANGGA">
    </td>
   </tr>
  </table>
 </form>
<div class="hasilnya">
<?php 
error_reporting(0);
 $jumlah = $_POST['anakTangga'];
 $warna = $_POST['warnaTangga'];


 for ($i=0; $i < $jumlah; $i++) { 
  for ($j=0; $j < $i; $j++) { 
   echo "<div class='kotak' style='background-color:$warna'></div>";
  }
  echo "<div class='kotak' style='background-color:$warna'></div><br>";
 }
 ?>
</div>
</body>
</html>

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma C++ Konversi dan Menukar Bilangan dari User

MENJADIKAN CODING C++ BERMANFAAT UNTUK USER Selamat beraktivitas bagi pembaca sekalian dimanapun kalian berada.. Kali ini saya akan menunjukan kepada kalian coding sederhana dengan C++ sesuai dengan judulnya  Yang saya bahas kali ini adalah  -PERTUKARAN NILAI MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -PERTUKARAN NILAI TANPA MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -BILANGAN POSITIF & NEGATIF dan -KONVERSI WAKTU DARI DETIK KE JAM, MENIT, dan DETIK Langsung saja ke pembahasan di bawah ini. 1. PERTUKARAN NILAI MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -Kita menginisialisasikan terlebih dahulu variabelnya x, y, z dengan tipe data Integer sebenarnya variabel z hanya variabel pembantu saja -Lalu untuk pengulangannya saya memakai do while  dengan menginisialisasikan pilih dengan tipe data char -Lalu pengulangannya saya tulis do{ -Saya outputkan dengan  cout << "Masukan Nilai X : " ; dan input dengan cin >> a ; -Untuk proses saya masukan z = x ; x = y ; y = z ; ...

Komponen Audio,Video & Flash - P7

Menyediakan komponen, Audio, Video & Flash Format Tampilan Video Kita dapat menampilkan format audio pada halaman web, untuk menampilkannya dapat digunakan format seperti ini  Hasilnya: Source Code: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 <!DOCTYPE html> <html> <head> <title> cek video </title> </head> <body> <video width= "999" height= "540" controls poster= "gambarku/cute-030.jpg" > <source src= "This Is Me.mkv" type= "video/mp4" > browser anda tidak mendukung format video ini </video> </body> </html> Format Tampilan Audio  Hasilnya: Format Tampilan Flash 1 2 3 4 5 6 7 8 <html> <head> <title> Animasi </title> </head> <body> <embed src= "media/Strong.swf" > </body> </html> Hasilnya: Aud...

Fungsi dan Objek pada Javascript - P16

Dalam PBO kita akan banyak menggunakan Fungsi jadi saya sarankan untuk membaca Artikel sebelumnya tentang Fungsi pada JavaScript Definisi PBO Apa itu PBO? PBO (Pemrograman berbasis Objek) atau bahasa keren nya OOP (Object Oriented Programming) adalah cara ngoding yang berfokus pada Objek. Terus kalau Objek apa? Objek itu sendiri adalah sekumpulan Variabel , Fungsi , dan Prosedur, yang disatukan dalam 1 Class lalu diperlakukan layaknya Objek di dunia Nyata. Misalnya kita mau buat Objek Nyamuk. Kita tentuin Sifat dari Nyamuk itu apa aja terus jadiin jadi Variabel. Lalu setelahnya, kita tentuin Tindakan yang bisa dilakukan nyamuk itu apa aja terus jadiin Fungsi atau Prosedur. Misalnya gini nih: Objek : Nyamuk  Variabel: - Usia - Kecepatan Terbang - Darah yang dihisap Fungsi / Prosedur: - Terbang -  Menghisap Darah PBO dalam JavaScript Barusan itu sedikit gambaran tentang PBO. Tapi, sebenarnya ada sedikit perbedaan Konsep PBO dalam JavaSc...