Skip to main content

JavaScript: Pengulangan & Fungsi - P15

Pengulangan & Fungsi pada JavaScript



• Perulangan merupakan struktur yang memungkinkan untuk menjalankan kode program yang sama beberapa kalidengan menggunakan suatu kondisi tertentu.
Perulangan dalam javascript memiliki tiga bentuk, perulangan :

1.For

for ( inisialisasi; kondisi; peubah ) {
baris program 1;
baris program 2;

2.While

while ( kondisi ) {
kode program yang ingin dijalankan berkali-kali;
}

3.Do-While

do {
kode program yang ingin dijalankan berkali-kali;
} while( kondisi );

}

Kesimpulan Dari Perulangan

• Dari ketiga bentuk perulangan diatas hanya for yang memerlukan pernyataan
inisialisasi dan peubah. Inisialisasi disini digunakan sebagai bagian penentuan
variabel yang akan digunakan untuk mengendalikan jumlah perulangan yang
akan dilakukan.
• Peubah adalah operasi aritmatika yang dapat dilakukan untuk
mengubah nilai variabel penentu tersebut. Sedangkan kondisi disini digunakan
untuk menentukan kapan suatu blok perulangan dijalankan berdasarkan nilai dari variabel penentu tersebut.
• Cara kerja dari perulangan for tersebut dapat
digambarkan dengan menggunakan diagram alur berikut.


Untuk setiap kasus perulangan dapat diterapkan dengan menggunakan ketiga bentuk ini.
Kita dapat membuat perulangan untuk menampilkan pesan "Halo javascript" hingga 3 kali dengan menggunakanketiga perulangan tersebut.
 Fungsi
Apa Itu Fungsi
•Fungsi dalam pemrograman merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan programdalam menyelesaikan suatu kasus, proses atau rumus aritmatika tertentu.
•Fungsi dalam proses pemanggilannya (eksekusi) ada yang membutuhkan data tertentu agar dapat berjalan.
•Data tertentu yang perlu diberikan saat pemanggilan
fungsi ini dikenal dengan nama parameter. Setiap fungsi dapat tidak memiliki atau memiliki lebih dari satuparameter.
Aturan penamaan fungsi mengikuti aturan penamaan variabel. Bentuk dari blok fungsi adalah sebagai berikut.
•Dilihat dari hasil akhirnya fungsi dalam javascript dibedakan jadi 2,
• yaitu fungsi yang memiliki nilai balik dan fungsi yang tidak memiliki nilai balik.



Kita langsung saja melihat beberapa Contoh!

For1.html



For2.html


While1.html


Do While.html


Buat Pengulangan.html


Buat Fungsi.html


Buat Fungsi CharAt.html

Buat Fungsi IndexOf.html



Mohon maaf bila ada kesalahan.

Terimakasih telah mengunjungi blog Admin!

Semoga bermanfaat~

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma C++ Konversi dan Menukar Bilangan dari User

MENJADIKAN CODING C++ BERMANFAAT UNTUK USER Selamat beraktivitas bagi pembaca sekalian dimanapun kalian berada.. Kali ini saya akan menunjukan kepada kalian coding sederhana dengan C++ sesuai dengan judulnya  Yang saya bahas kali ini adalah  -PERTUKARAN NILAI MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -PERTUKARAN NILAI TANPA MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -BILANGAN POSITIF & NEGATIF dan -KONVERSI WAKTU DARI DETIK KE JAM, MENIT, dan DETIK Langsung saja ke pembahasan di bawah ini. 1. PERTUKARAN NILAI MENGGUNAKAN VARIABEL BANTU -Kita menginisialisasikan terlebih dahulu variabelnya x, y, z dengan tipe data Integer sebenarnya variabel z hanya variabel pembantu saja -Lalu untuk pengulangannya saya memakai do while  dengan menginisialisasikan pilih dengan tipe data char -Lalu pengulangannya saya tulis do{ -Saya outputkan dengan  cout << "Masukan Nilai X : " ; dan input dengan cin >> a ; -Untuk proses saya masukan z = x ; x = y ; y = z ; ...

Komponen Audio,Video & Flash - P7

Menyediakan komponen, Audio, Video & Flash Format Tampilan Video Kita dapat menampilkan format audio pada halaman web, untuk menampilkannya dapat digunakan format seperti ini  Hasilnya: Source Code: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 <!DOCTYPE html> <html> <head> <title> cek video </title> </head> <body> <video width= "999" height= "540" controls poster= "gambarku/cute-030.jpg" > <source src= "This Is Me.mkv" type= "video/mp4" > browser anda tidak mendukung format video ini </video> </body> </html> Format Tampilan Audio  Hasilnya: Format Tampilan Flash 1 2 3 4 5 6 7 8 <html> <head> <title> Animasi </title> </head> <body> <embed src= "media/Strong.swf" > </body> </html> Hasilnya: Aud...

Fungsi dan Objek pada Javascript - P16

Dalam PBO kita akan banyak menggunakan Fungsi jadi saya sarankan untuk membaca Artikel sebelumnya tentang Fungsi pada JavaScript Definisi PBO Apa itu PBO? PBO (Pemrograman berbasis Objek) atau bahasa keren nya OOP (Object Oriented Programming) adalah cara ngoding yang berfokus pada Objek. Terus kalau Objek apa? Objek itu sendiri adalah sekumpulan Variabel , Fungsi , dan Prosedur, yang disatukan dalam 1 Class lalu diperlakukan layaknya Objek di dunia Nyata. Misalnya kita mau buat Objek Nyamuk. Kita tentuin Sifat dari Nyamuk itu apa aja terus jadiin jadi Variabel. Lalu setelahnya, kita tentuin Tindakan yang bisa dilakukan nyamuk itu apa aja terus jadiin Fungsi atau Prosedur. Misalnya gini nih: Objek : Nyamuk  Variabel: - Usia - Kecepatan Terbang - Darah yang dihisap Fungsi / Prosedur: - Terbang -  Menghisap Darah PBO dalam JavaScript Barusan itu sedikit gambaran tentang PBO. Tapi, sebenarnya ada sedikit perbedaan Konsep PBO dalam JavaSc...